Oleh: Admin | 27 Juli 2009

Pembalut & Penyakitnya

Organ intim perempuan yang sering disebut Miss V ini tergolong luar biasa. Ia berfungsi sebagai jalan lahir janin, saluran urogenital untuk buang air kecil, juga organ mediasi dalam kehidupan rumah tangga. Karena keistimewaannya, organ ini selayaknya mendapat perhatian khusus. Sebab, posisinya yang di dekat dubur dan merupakan organ terbuka menyebabkan Miss V rentan penyakit. “Lokasinya juga strategis untuk tempat tumbuh jamur, terutama jika kelembaban dan kebersihannya tidak terjaga,” ujar dr Amang Surya P. SpOG.


Perawatan organ vital ini berbeda-beda, bergantung kondisi masing-masing. Menurut Amang, secara normal Miss V punya mekanisme untuk mempertahankan keseimbangan biologis dan kimiawinya. Ada flora normal yang menjaga keasaman daerah V tetap pada pH 3,5-4,5. Selain itu, ada juga lendir yang keluar dengan jumlah lebih banyak pada saat tertentu. “Lendir ini berfungsi mencegah infeksi,” kata ahli kebidanan dan penyakit kandungan Rumah Sakit Spesialis Husada Utama Surabaya itu.

Secara umum, kesehatan Miss V bisa dijaga dengan menghindari pemakaian celana yang terlalu ketat dan berlapis-lapis serta menjaga area sekitar Miss V tetap bersih, kering, dan tidak lembab. “Bilas vagina dengan air mengalir dan keringkan dengan tisu atau handuk halus setelah buang air kecil,” kata Amang. Dianjurkan pula membersihkan Miss V dengan air hangat dan sabun tanpa pewangi setiap mandi. “Hindari membasuh vagina dengan larutan yang merugikan,” katanya. Memendekkan pubis (rambut kemaluan) juga perlu dipertimbangkan.

Dengan kondisi ini, wanita cenderung mudah berkeringat dan lembab. Daerah sekitar Miss V juga mudah iritasi karena gesekan terus menerus sehingga memudahkan munculnya proses radang dan tumbuhnya jamur. Karena itu, mereka dianjurkan tidak membiasakan diri memakai celana ketat dengan bahan nilon yang susah menyerap keringat. Biasakan memendekkan pubis (rambut kemaluan) dengan gunting, bukan dikerok. “Dalam kondisi tertentu, sesekali bias dilakukan vagina spa agar seputar vagina tetap terasa segar, rileks, nyaman, dan kering,” katanya.

Pada wanita hamil, ada kecenderungan sekitar V menjadi lembab disertai keluarnya lendir berlebih. Bahkan, lendir ini bisa terus bertambah seiring pertambahan usia kehamilan. Selain disebabkan perubahan hormon dalam tubuh, lendir ini juga dimaksudkan untuk melindungi janin dari berbagai infeksi yang dapat ditularkan lewat liang vagina. Untuk mengatasi lendir berlebih tersebut, ibu hamil lebih senang pakai pembalut. Alasannya, praktis. Tapi, tindakan ini bisa berakibat buruk dan menimbulkan gangguan beberapa hari kemudian. Dianjurkan lebih ganti celana dalam tiap kali lendir mengalir keluar. “Gunakan celana dalam (CD) dari bahan katun yang mudah menyerap keringat, hindari penggunaan CD dan pakaian yang ketat,” katanya.

Pembalut hanya boleh dipakai jika situasinya kurang memungkinkan untuk sering ganti CD. Dalam kondisi tersebut, ibu hamil harus menjaga daerah sekitar V tetap bersih dan kering. Dianjurkan pula memendekkan pubis, menghindari pemakaian bahan penyebab alergi dan iritasi, serta memotong kuku untuk menghindari luka garukan.
Wanita haid.

Cara memakai pembalut dengan harus tepat. Sebelum pakai pembalut, pastikan daerah sekitar Miss V cukup bersih dan kering. “Cuci tangan dulu sebelum membuka dan memasang pembalut,” katanya. Pembalut harus disimpan di tempat kering, jangan di tempat lembab seperti kamar mandi. Pilih kualitas pembalut yang baik dan sesuaikan dengan kondisi tubuh. Jangan memilih pembalut yang mengandung bahan peghilang bau atau pewangi yang kadang justru meyebabkan alergi dan iritasi. Ganti segera pembalut bila mulai terasa kurang nyaman. Jangan sampai darah haid bergumpal memenuhi pembalut dan memudahkan jamur tumbuh. “Hindari pemakaian pembalut terlalu lama,” katanya.

Salah satu solusinya dipaparkan di http://bulaksumur-online.com/lifestyle/108-pembalut-herbal-pencegah-penyakit-kewanitaan-.html.

Dicopas dari http://www.rileks.com/lifestyle/trendz/women/5723-pembalut-wangi-miss-v-malah-kena-penyakit.html


Responses

  1. Yup…….
    Istri saya sudah menggunakan ini, begitu juga adik2 perempuan saya. Nyaman dan syahdu banget kata mereka.
    UNTUK WILAYAH JAKARTA, DEPOK, TANGERANG, BEKASI, dan sekitarnya…..
    Produk Avail ini bisa didapatkan di web:
    http://kajuali.com/fc-biosanitari-pad
    atau hubungi: Nuno 0816627814


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: