Oleh: Admin | 21 Oktober 2008

Plastik Recycle, Bahaya!

Seberapa akrab dan peduli kita terhadap benda-benda yang dibuat dari plastik daur ulang (recycle)?. Sudah tahukah kode apa saja yang ada pada produk daur ulang plastik tersebut, apa pula maksud tiap kodenya? Mana yang aman dan berbahaya untuk digunakan sebagai wadah makanan dan minuman? Bagaimana pula dengan galon air yang sering kita banggakan di rumah? Penyakit apa yang dapat ditimbulkan jika salah dalam pemanfaatan bahan plastik daur ulang tersebut? Ternyata…


1. PETE atau PET (Polythylene Terephthalate)

Simbol ini biasanya terdapat pada botol plastik transparan seperti paa kemasan air mineral atau minuman yang siap untuk diminum. Kalo menemukan botol dengan simbol seperti ini, jangan pernah untuk mengisi ulang botol tersebut, apalagi dengan air hangat atau panas. Ini dapat mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat memicu penyakit kanker.

Recycle Plastic Code

2. HDPE (High Density Polythylene)

Simbol ini terdapat pada botol yang berwarna putih susu. Juga biasa digunakan untuk air minuman galon, kursi plastik, atau kemasan susu jika pada makanan. Botol ini juga hanya boleh untuk sekali pakai saja.

3. V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Plastik yang memiliki simbol ini, menandakan plastik yang sulit untuk didaur ulang, seperti plastik pembungkus atau pada botol-botol. Kandungan plastik ini da[at lumer dan bercampur ke dalam makanan pada suhu -15 derajat Celcius. Akibatnya berbahaya, menyebabkan kerusakan ginjal dan hati.

4. LPDE (Low Density Polythylene)

Plastik dengan simbol LPDE ini biasanya digunakan untuk makanan, plastik kemasan, dan teksturnya terasa lembek atau lentur. Plastik pembungkus makanan atau botol dengan kode ini cukup aman digunakan. Sayangnya, plastik ini hampir tdak dapat dihancurkan.

5. PP (Polypropylene)

Plastik yang bernomor 5 dan memiliki simbol PP ini termasuk yang aman untuk dipakai membungkus makanan atau minuman. Biasanya plastik ini digunakan untuk tempat makanan dan botol minuman bayi. Plastiknya berwarna transparan, bening, dan tembus pandang. Kalau ingin mengisi ulang botol plastik tidak salah untuk mencari plastik dengan nomor 5 di tengah recycle dn bertuliskan PP.

6. PS (Polystyrene)

Kemasan plastik yang bersimbol PS ini contohnya adalah kemasan stereofoam yang biasa digunakan untuk wadah makanan atau minuman sekali pakai. Bahan ini dapat bercampur dengan makanan, saat makanan panas diisikan ke dalam wadah ini, bahan styrine ini dapat berbahaya bagi otak dan sistem syaraf.

7. Other atau Polycarbonate

Kode 7 ini biasanya ada 4 macam, yaitu:

a. SAN (styrine acrylonitrile)
b. ABS (acrylanitrle butadiene styrene)
c. PC (polycarbonate)
d. Nilon

Plastik ini biasa digunakan untuk tempat makanan dan minuman, alat-alat rumah tangga, komputer, dan sebagainya. Plastik dengan kode 7 SAN dan ABS baik dan aman digunakan untuk makanan atau minuman. Hanya saja, untuk kode PC, sebaiknya tidak digunakan untuk makanan atau minuman karena dapat mengeluarkan zat yang berbahaya.

Detail tentang kode recycle plasctics ini dapat dilihat di http://www.PlasticFreeBottles.com atau http://en.wikipedia.org/wiki/Plastic_recycling.


Responses

  1. Tapi mau gmn lagi Pak, semua sudah serba plastik sekarang, katanya sih lebih praktis tapi sekaligus juga serba berbahaya ternyata….

  2. mana gambar simbolnya?

  3. gambarnya sudah disertakan…agar tidak harus ke situs lain.

  4. ada satu yang mengganjal dihati saya…

    keluarga saya selalu membeli produk tupperware…diproduk tersebut tidak tercantum logo atau tanda tentang produk tersebut….

    yang menjadi pertanyaan saya apakah produk tersebut aman? untuk berapa lama dapat digunakan….terima kasih atas bantuannya..

  5. kalau tupperware rata2 bahannya PP.hati2 juga dengan tempat makanan yang orang biasa sebut plastik mika padahal itu bahannya pvc. cina saja enggak mau beli recyclenya. kok orang indonesia malah buat tempat makan.ldpe gilingnya gampang kok gak ada masalah.kebetulan saya usaha di recycling.paralon juga bahannya dari pvc.kayaknya semua sudah dari plastik sebaiknya yang banyak mengandung racun jangan boleh beredar.thanks

    • terimakasih penjelasannya, semoga menjadi lebih terang bagi semua🙂

  6. secara garis besar plastik memang berbahaya tetapi kita bisa menghindari yang banyak racunnya.seperti pvc yang banyak dipakai. kata orang2 plastik mika biasanya dipakai sebagai bungkus makanan/gorengan lebih berbahaya dari plastik kresek yang berbahan baku HDPE.sebagai tambahan hdpe banyak dipakai untuk botol seperti botol oli yang bisa didaur ulang sebagai tas kresek.untuk PP biasanya dipakai untuk kursi, gelas,ember,dll jadi bisa berwarna.kebetulan usaha saya di bidang recycle plastik jadi sedikit mengerti.thanks. from MK PLASTIK & PRIKARDO PLASTIK


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: