Oleh: Admin | 13 Oktober 2008

Kuliah Semester I 2008/2009

Tidak terasa, sudah 1 tahun aku kuliah di ITB…di Magister Informatika, bidang keahlian Sains Komputer. Artinya, sekarang aku sudah semester 3 yang biasanya…atau normalnya… merupakan semester terakhir bagi mahasiswa yang mau lulus tepat waktu…ya…karena kurikulum di S2 Informatika ITB memang hanya 3 semester…disusun sedemikian rupa agar….apa yah?🙂.

Semester ini aku cukup mengambil 11 sks…yaitu 2 matakuliah dengan total 5 sks dan tentu saja Tesis yang makan 6 sks sendiri. Bingung juga awalnya mau ambil matakuliah apa…apalagi sekarang berlaku kurikulum baru…kurikulum 2008..berlaku untuk mahasiswa S1 sampai S3. Akhirnya..setelah pikir-pikir…aku ambil kuliah Komputasi Terdistribusi (3 sks) dan Keamanan Informasi Lanjut (2 sks). Kedua matakuliah ini sebenarnya diluar Informatika…tapi aku pikir…itu menarik sekali…terutama karena aku memang mau fokus di bidang jaringan komputer (dan tentu masuk di dalamnya sistem terdistribusi dan keamaman jaringan).

Sekarang aku kesusahan…bukan karena 11 sks itu…tapi beratnya beban kuliah Komputasi Terdistribusi…tidak ada kuliah…hanya proyek…tentu membuat software terdistribusi (parallel, cluster, atau grid computing). Tiap pertemuan hanya laporan progress sekaligus menerima petuah dan nasehat penting dari Bapak Dosen Dr. Ary Setidjadi yang sudah ahli di bidang embedded dan distributed computing. Aku mengajukan proyek pembuatan Unified messaging system (UMS). Lumayan berat sih..terutama karena banyak gateway yang harus dilibatkan..seperti SMS, Email, Fax, Search Engine, dan Content. Untungnya…ini hanya matakuliah 1 semester…insya Allah ada toleransi dari Pak Ary…tentu sangat sulit jika proyek ini selesai dikerjakan dalam satu semester.

Yang lebih rumit..ya..Tesisku. Topik tesisku berubah pada akhir Agustus lalu…dari Perancangan Core Server Terdistribusi pada UMS menjadi rancangan dan implementasi content server untuk UMS. Wah…mind set-ku berubah…namun…sudah menjadi nasib atau takdir mungkin…ya…aku sudah niat..harus tetap menampuh jalan yang banyak hambatan ini…insya Allah mulai ada titik harapan…dan aku yakin…di depan akan lebih terang dan jelas. Aku bersyukur…beruntung…mendapat dosen pembimbing yang baik…ramah dan menyenangkan…Bapak Afwarman Manaf, Ph.D. Semoga Allah memudahkanku menyelesaikan tesis ini.

Bagaimana dengan kuliah Keamaman Informasi Lanjut? Happy banget…asyik. Dosen terkenal dengan cara mengajar menyenangkan. Bapak Dr. Budi Rahardjo yang tentu tidak asing lagi bagi penggila IT tanah air. Beliau pakar keamanan data di negeri ini, ahli forensik (di bidang IT tentunya), pemegang hak kelola atas domain dot id (.id)…dan seabrek prestasi dan pengalaman di dalam dan luar negeri. Bahagia betul aku menerima ilmu dari beliau. Soal tugas…tidak ada istilah sepi…setiap minggu ada tugas…bahkan sering lebih dari satu….bahkan libur lebaran pun masih di’hadiah’kan tugas.

Sekarang sudah oktober…aku harus fokus pada tesisku…setidaknya prioritas waktu dan pikiran lebih besar daripada dua matakuliah di atas. Akhir November atau minggu pertama Desember..aku harus seminar … detail masalah dan rancangan yang diusulkan di dalam tesis harus diuji…jika berhasil..baru aku boleh melangkah mengimplementasikan tesis tersebut. Artinya..aku harus menyelesaikan bab 1 (pendahuluan), bab 2 (landasan teori) dan bab 3 (analisa dan rancangan) dalam waktu satu setengah bulan….berat benar…namun insya Allah dapat terlaksana.

Ya…ini bukan keluhan….sekedar bagi informasi ajah…atau curhat kali. Teman-teman lain juga mengalami hal yang tidak jauh berbeda…aku yakin … mungkin pula yang ambil Master di Kampus lain..apalagi di luar negeri…mungkin sangat sulit yah🙂.

Berarti kuliah di ITB sulit ya? ah nggak juga. Baca tulisanku tentang “Kuliah di ITB, Sulit?”.


Responses

  1. aku terkesan dengan tulisan anda betawa semangatnya anda dalam meraih suatu masa depan, aku juga pengen curhat sekarang ini boleh g?


Tinggalkan Balasan

Kategori

